Senin, 18 Juni 2018

Sosis Sapi Lada Hitam SO GOOD

Bagaimana Ramadhan teman-teman kali ini ?Lancar ? Alhamdulillah, Ramadhan kami tahun ini bisa tertunaikan dengan baik. Allah limpahkan karunia sehat hingga kami (bahkan krucil yang belum wajib berpuasa) bisa menjalankan puasa sebulan penuh.

Si Mas yang udah akil baligh nggak perlu supervisi lagi, bisa auto pilot dalam menjalankan kewajiban puasa. Yang jadi perhatian kami adalah si adik yang belum genap 9 tahun. Dia semangat sekali menyambut Ramadhan. Mulai dengan ikut tarhib Ramadhan, dan menyemarakkan acara yang diadakan di Kampung Ramadhan, masjid dekat rumah. Dia juga berniat puasa penuh seperti tahun lalu. Saya tentu senang dan mendukungnya, Alhamdulillah niatnya terlaksana juga.

Sebagai ibu, sayalah pemegang kunci nutrisi setiap hari. Di bulan puasa, asupan nutrisi keluarga tak boleh terabaikan. Keharusan menyiapkan santapan berbuka /sahur yang menggugah selera dan bergizi seimbang sering kami diskusikan. Saya bertanya ke anak-anak menu keinginan mereka untuk sahur dan buka puasa. 

Untuk berbuka, anak-anak ikut membantu menyiapkannya karena waktunya lebih leluasa, tetapi untuk sahur agak susah. Ini tantangan luar biasa. Membangunkan krucil dan memintanya membantu menyiapkan makan sahur jadi hal yang mustahil. Saat mereka bisa duduk manis menikmati makan sahur dengan sempurna sudah menjadi berkah buat saya.

Banyak usaha yang saya lakukan untuk menyiasati agar nggak gedubragan masak, bisa santai duduk makan bareng tanpa terburu-buru karena dikejar waktu imsak.

Salah satu yang saya pangkas adalah waktu memasak santapan sahur.  Ini hal-hal yang biasa saya lakukan.

Menentukan menu praktis bergizi seimbang. Biasanya saya hanya bikin 1 masakan, campur protein dan sayur. Malam sebelum tidur, sayuran sudah disiangi/dipotong-potong. 

Pasang alarm, dua jam/satu setengah jam sebelum Subuh, karena saya juga perlu memanfaatkan golden time, waktu berkah saat sahur untuk bermunajat.

Jadi masak/nyiapin makan sahur cukup 20 menit. Bisa ? Bisa aja. Mau tahu menu masakan sahur yang praktis, lezat, bergizi, dan disukai anak-anak ?

Saya selalu sedia So Good siap masak, seperti nugget, bakso dan sosis di kulkas. Praktis dan disukai anak-anak. Kenapa harus So Good ? Kata anak-anak, rasanya enak, tapi tentu saja bukan hanya karena itu. Saya pilih So Good karena kualitasnya.

So Good siap masak saya jadikan andalan untuk asupan protein hewani keluarga. 

Salah satu menu favorit keluarga yang saya pilih untuk menemani santap sahur adalah Sosis Sapi Lada Hitam So Good.

Resepnya sederhana banget.
Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan : 
200 gram sosis sapi (beef sausage) SoGood
3 sdm margarin
1 buah bawang bombay kecil, iris
2 siung bawang putih, cincang
1 cm jahe, cincang 
2 buah wortel, potong korek api
5 buah kacang panjang, potong-potong
30 ml air
1 sdm saus tomat
1 sdt kecap manis
1 sdt lada hitam bubuk
Sejumput garam (secukupnya)
1 sdt tepung maizena larutkan dengan sedikit air.

Cara Membuat :
1. Iris serong sosis, kerat, goreng menggunakan margarin sampai matang, angkat dan sisihkan.
2. Tumis bawang Bombay, bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan wortel dan kacang panjang. Tambahkan air, saus tomat, kecap, lada hitam, dan garam. Masak hingga wortel dan kacang panjang setengah matang.
3. Masukkan sosis dan tuang larutan maizena hingga saus mengental. Angkat dan sajikan.

Sajian ini mampu membuat mata krucil yang masih mengantuk seketika segar, dan membuat kami makan sahur dengan lahap. Semangat tuk menjalankan ibadah puasa.

Ini salah satu masakan rumahan khas Ramadhan keluarga kami. Sayurannya bisa diganti-ganti sesuai selera, tapi karena krucil sangat suka wortel, jadilah wortel selalu ada di dalam menu. Pasangannya bisa saja buncis atau kapri. Kalau suka lebih pedas bisa ditambah dengan paprika/cabe. 

Apa masakan rumah khas Ramadhan teman-teman ? Sama pakai So Good juga ? Toss deh kalau begitu. Lebih baik So Good !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar